Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesialis Service AC Pondok Gede

Buat Anda yang berada di area wilayah Pondok Gede Bekasi dan sekitarnya apabila ada masalah teknik tentang kondisi mesin pendingin Kulkas,AC,Mesin cuci maupun Freezer yang mengalami kerusakan atau MATOT(mati total). Jangan khawatir dan kebingungan karena ada Tukang Servis/Service AC paling berpengalaman dan bergaransi.

Kami hadir untuk bapak/ibu yang sedang di rundung sedih karena AC nya ga nyala atau macet-macet,kadang nyala kadang mati.

Perkenalkan kami Andika Teknik

Yang sudah berpengalaman sekian puluh tahun lamanya dalam menangani berbagai macam kerusakan baik itu mesin AC,kulkas,mesin cuci dan Freezer.

Info Alamat Tukang AC Pondok Gede

Di bawah ini adalah tulisan mengenai pengenalan dan cara kerja AC,kulkas,mesin cuci,freezer dari Jasa Service AC Pondok Gede

Cara Kerja AC (Air Conditioner)

Prinsip pendinginan pada sistem Air Conditioner (AC) adalah terjadinya perubahan bentuk zat pendingin (Refrigerant) dari bentuk cair, uap air dan gas. Perubahan ini terjadi karena sistem AC menggunakan beberapa komponen yang memungkinkan terjadinya perubahan tekanan dan temperatur.

Prinsip pendinginan dapat kita lihat di bawah ini :

  • Gambaran prinsip pendinginan

  • Terjadi perubahan bentuk dari cair menjadi gas oleh alkohol yang ditempelkan pada kulit. Keadaan ini kulit akan terasa dingin dikarenakan alkohol menyerap panas dari udara sekitar sehingga terjadi perubahan bentuk alkoholdari cair menjadi gas.

  • Proses Pendinginan (Refrigerasi)

  • Proses ini akan membuat keadaan di mana temperatur bahan pendingin (refrigerant) akan lebih rendah dari suhu sekitarnya sehingga dapat melepaskan tenaga panas dari udara di sekitarnya. Umumnya, alat pendingin (refrigerator) mengoperasikan refrigerant untuk menghisap panas uadara disekelilingnya.

    Proses pendinginan dapat kita lihat di bawah ini :

    Bahan pendingin (Refrigerant) akan menyalurkan panas dari sisi temperatur rendah ke sisi temperatur tinggi. Bahan pendingin akan berubah dari cair ke gas pada tempat bertemperatur rendah dan dari gas ke cair di tempat bertemperatur tinggi. Bahan pendingin ini harus dipadatkan secara mudah di bawah tekanan yang rendah.

    Cara Kerja Sistem AC

    Untuk menghasilkan pendinginan ada 4 langkah operasi pendinginan, dan refrigerant disirkulasikan berulang kali dengan perubahan-perubahan sebagai berikut (cair –uap / gas - cair):

    1.Kompresi

    Refrigerant ditekan dalam kompresor sampai kondisinya menjadi cair dengan temperatur yang tinggi. Gas refrigerant dalam evaporator dihisap oleh kompresor akan membuat tekanannya tetap rendah didalam evaporator, dan untuk membuat cairan refrigerant menjadi gas secara dinamis pada temperatur yang rendah (0oC). Maka tekanan gas refrigerant ditekan dalam silinder, dan berubah menjadi tinggi, sehingga temperatur dan tekanan refrigerant akan mudah menjadi cair walaupun proses pendinginan dalam temperatur yang lebih tinggi.

    2.Kondensasi

    Refrigerant diubah dari gas menjadi cair dan didinginkan dari temperatur yang tinggi di dalam kondensor. Refrigerant yang bertemperatur dan bertekanan tinggi itu dipancarkan dalam kondensor menjadi cairan dan disalurkan ke receiver drier. Hal itu juga dinamakan proses kondensasi panas. Panas yang tinggi dari refrigerant itu dapat dikeluarkan oleh kondensor sehingga refrigerant menjadi dingin dan dapat melakukan proses penyerapan panas di ruangan dalam kendaraan.

    3.Ekspansi

    Tekanan cairan refrigerant diturunkan oleh katup ekspansi. Hal itu disebut proses ekspansi, dimana gas bertekanan itu dikabutkan dengan mudah dalam evaporator sehingga refrigerant menjadi gas, dan expansion valve ini mengatur aliran cairan refrigerant sambil menurunkan tekanannya. Cairan refrigerant yang dikabutkan ini dalam evaporator diatur oleh tingkat pendinginan yang harus dilakukan dibawah temperatur pengabutan. Untuk itu, penting untuk mengontrol jumlah refrigerant yang dibutuhkan dengan melakukan pengecekan yang benar.

    4.Evaporasi

    Refrigerant dirubah dari cairan ke gas dalam evaporator. Cairan refrigerant dikabutkan oleh hisapannya sendiri dimana saat proses evaporasi panas latent dibutuhkan dari udara disekitar evaporator. Udara melepaskan panas untuk didinginkan, dan dialirkan ke dalam ruang dalam kendaraan oleh kipas pendingin sambil menurunkan temperatur ruangan itu. Cairan refrigerant itu disalurkan dari expansion valve di dalam evaporator kemudian sekaligus menjadi uap refrigerant, dan perubahan itu terjadi berulang kali dari kondisi cair ke gas.

    Tekanan dan temperatur dalam perubahan itu selalu berkaitan, jika tekanan di-set maka temperatur juga akan diatur. Untuk pengabutan yang dilakukan saat temperatur lebih rendah dari perubahan itu (Cair~Gas) dalam kondisi seperti diatas, tekanan dalam evaporator juga harus dibuat tetap rendah. Karena itu, gas dari refrigerant yang dikabutkan haruslah dikurangi secara terus menerus keluar evaporator oleh hisapan kompresor.

    Mengenal bahan pendingin (refrigrant)

    Ada berbagai macam cairan bahan pendingin (refrigrant). Di bawah ini akan ditampilkan 2 macam bahan pendingin, yaitu yang jenis R-134a dan R-12.

    Keuntungan:

    Tidak ada CI
    Menstabilkan struktur molekul
    Struktur thermodynamika serupa dengan R-12.
    Tidak dapat terbakar dan tidak beracun.

    Kerugian:

    Pendinginan menurun pada saat suhu kondensasi sama dengan R-12.
    Masalah penggunaan bahan karet dan plastik.
    Tidak – tercampur dengan compressor oil (Mineral oil).

    Fungsi Air Conditioner (AC) pada mobil

    Pada dasarnya mobil sebagai kendaraan selain dituntut untuk memberikan keamanan juga memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Salah satu bentuk kenyamanan yang ada pada mobil adalah terciptanya kondisi ruangan mobil dengan udara yang bersih dan sejuk. Untuk mewujudkan itu maka pada mobil ditambahkan sistem Air Conditioner (AC).

    Fungsi sistem Air Conditioner (AC) pada mobil :

    1.Memberikan udara sejuk ke dalam ruangan mobil
    2.Menyaring udara kotor sebelum dimasukkan ke ruang mobil
    3.Mencegah kondensasi pada kaca mobil pada saat udara lembab karena hujan

    Cara kerja mesin kulkas

    Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja kulkas Anda?

    Baca artikel dari Tukang Servis AC Pondok Gede di bawah ini untuk mempelajari dasar-dasar pendinginan, membiasakan diri Anda dengan komponen utama lemari es, dan temukan apa yang terjadi pada zat pendingin saat bergerak di seluruh sistem lemari es.

    Untuk menjaga makanan tetap segar, suhu rendah harus dijaga di lingkungan terdekat untuk mengurangi tingkat reproduksi bakteri berbahaya. Kulkas berfungsi untuk memindahkan panas dari dalam ke luar, itulah sebabnya mengapa terasa hangat jika Anda meletakkan tangan Anda di sisi belakang lemari es di dekat pipa logam - Anda akan mengetahui cara kerjanya sebentar lagi.

    Kompresor

    Kompresor adalah "jantung" kulkas. Ini mengedarkan refrigeran ke seluruh sistem dan menambahkan tekanan ke bagian sirkuit yang hangat, dan membuat refrigeran menjadi panas. Ini mirip dengan ketika Anda memompa udara ke dalam tabung sepeda - Anda dapat merasakan peningkatan panas di pompa saat Anda mengompres udara.

    Kondensator

    Kondensor berada di bagian belakang lemari es, dan kemungkinan cukup berdebu. Di dalam, refrigeran didinginkan dan mengembun, yang berarti berubah dari gas kembali menjadi cair.

    Evaporator

    Evaporator terletak di dalam lemari es dan merupakan bagian yang membuat barang-barang di dalam lemari es menjadi dingin. Saat refrigeran berubah dari cairan menjadi gas melalui penguapan, refrigeran mendinginkan area di sekitarnya, menghasilkan lingkungan yang tepat untuk menyimpan makanan.

    Pipa kapiler

    Pipa kapiler adalah pipa tipis yang berfungsi sebagai alat ekspansi. Refrigeran cair disalurkan melalui pipa kapiler dan disemprotkan ke lingkungan bertekanan rendah di evaporator.

    Termostat

    Termostat mengontrol proses pendinginan dengan memantau suhu dan kemudian menyalakan dan mematikan kompresor. Ketika sensor merasakan bahwa suhu di dalam lemari es cukup dingin, maka kompresor akan mati. Jika merasakan terlalu banyak panas, kompresor akan menyala dan memulai proses pendinginan lagi.

    Cara kerja sistem kulkas

    Kulkas bekerja dengan menyebabkan zat pendingin yang beredar di dalamnya berubah dari cair menjadi gas. Proses ini, yang disebut penguapan, mendinginkan daerah sekitarnya dan menghasilkan efek yang diinginkan. Anda dapat menguji proses ini sendiri dengan meminum alkohol dan mengoleskan satu atau dua tetes pada kulit Anda. Saat menguap, Anda akan merasakan sensasi dingin - prinsip dasar yang sama memberi kita penyimpanan makanan yang aman.

    Untuk memulai proses penguapan dan mengubah refrigeran dari cair menjadi gas, tekanan pada refrigeran perlu dikurangi melalui saluran keluar yang disebut pipa kapiler. Efeknya mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda menggunakan produk aerosol seperti hair spray. Isi kaleng aerosol adalah sisi tekanan/cairan, saluran keluar adalah pipa kapiler, dan ruang terbuka adalah evaporator. Ketika Anda melepaskan isinya ke ruang terbuka bertekanan rendah, itu berubah dari cair menjadi gas.

    Agar lemari es tetap berjalan, Anda harus bisa mengembalikan zat pendingin berbentuk gas ke keadaan cairnya, sehingga gas perlu dikompresi ke tekanan dan suhu yang lebih tinggi lagi. Di sinilah kompresor masuk.
    Seperti disebutkan sebelumnya, kompresor memberikan efek yang mirip dengan pompa sepeda.
    Anda dapat merasakan peningkatan panas di pompa saat Anda memompa dan mengompres udara.

    Setelah kompresor melakukan pekerjaannya, gas harus berada di bawah tekanan tinggi dan panas. Perlu didinginkan di kondensor yang dipasang di bagian belakang lemari es, sehingga isinya dapat didinginkan oleh udara sekitar. Ketika gas mendingin di dalam kondensor (masih di bawah tekanan tinggi), ia berubah kembali menjadi cair.

    Kemudian, refrigeran cair bersirkulasi kembali ke evaporator dimana proses dimulai dari awal lagi.

    Cara Kerja Mesin Cuci

    Mesin cuci bekerja dengan menggunakan tenaga mekanik dari motor untuk menggerakkan tabung pencucian maupun bak pengering.Pada saat pengeringan, tabung akan bergerak dengan cepat pada satu arah untuk menarik semua air dari pakaian.

    Pada umumnya, mesin cuci apapun jenisnya menggunakan prinsip yang sama untuk mencuci baju. Yang itu sebuah tabung diisi air, detergen dan pakaian kotor lalu diputar-putar untuk mencuci, membilas maupun memeras pakaian. Tapi tahukah Sobat bagian-bagian ataupun cara bekerja mesin cuci? di bawah ini Andika Teknik dari Jasa Service AC Pondok Gede akan menjelaskannya

    Bagian-bagian mesin cuci

  • Bak/tabung pencucian merupakan tempat pencucian pakaian utama
  • Bak/tabung pengering (hanya pada mesin cuci dua drum) berfungsi untuk memeras dan mengering pakaian
  • Tombol pengaturan berfungsi untuk mengoperasikan mesin cuci
  • Selang inlet air adalah saluran dimana air masuk ke mesin cuci
  • Outlet air berfungsi sebagai saluran pembuangan air
  • Motor listrik berfungsi untuk menggerakkan bak/tabung mesin cuci
  • Kapasitor berfungsi untuk menstabilkan kinerja motor listrik

  • Prinsip cara kerja mesin cuci

    Mesin cuci bekerja dengan menggunakan tenaga mekanik dari motor untuk menggerakkan tabung pencucian maupun bak pengering. Pada proses pencucian motor menggunakan kecepatan rendah sedangkan pengeringan menggunakan motor berkecepatan tinggi. Pada dasarnya ada tiga tahap pengerjaan pada mesin cuci yaitu tahap pencucian, tahap pembilasan dan tahap pengeringan/ pemerasan. Pada proses pencucian bak akan bergerak memutar dari kanan ke kiri secara lamban. Pada saat pengeringan, tabung akan bergerak dengan cepat pada satu arah untuk menarik semua air dari pakaian.

    Pada dasarnya, mesin cuci telah menggunakan prinsip yang hampir sama sejak pertama diciptakan. Namun perkembangan teknologi telah menawarkan beberapa inovasi baru dimana kita tak lagi perlu susah menjemur pakaian setelah dikeringkan dengan mesin cuci.

    Cara Kerja Mesin pembeku (freezer)

    Pada bagian ini Andika Teknik dari Jasa Service AC Pondok Gede akan menjelaskan tentang cara kerja mesin kulkas atau pun freezer yang pada sa'at ini sudah banyak ditemukan di rumah, warung, swalayan, supermarket, dan lainnya untuk berjualan maupun untuk penggunaan rumahan. Mesin pendingin memiliki beberapa komponen yang berfungsi mengubah kalor menjadi udara dingin. Beberapa komponen penting tersebut yaitu:

  • Kompresor
  • Kondensor
  • Filter
  • Kapiler
  • Evaporator


  • Secara umum, freezer bekerja dengan cara mengambil kalor/panas dari kompartemen atau benda-benda yang disimpan di dalamnya, kemudian secara perlahan menurunkan suhu hingga beku.

    Cara kerja freezer

    Refrigerant yang telah mengumpulkan kalor dari kompartemen masuk ke kompresor berupa gas yang sangat panas.

    Gas panas ini kemudian bergerak menekan menuju kondensor. Dengan bantuan kipas kondensor, terjadilah pelepasan kalor yang mengubah gas menjadi cair.

    Setelah dari kondensor, gas yang telah menjadi semi liquid ini melewati filter dan menuju kapiler untuk mengubah tekanan tinggi menjadi tekanan rendah. Pada tahap ini terjadi perubahan cair menjadi kabut yang sangat dingin.

    Kabut dingin ini bergerak menuju evaporator dan terjadi proses evaporasi atau penyerapan kalor pada kompartemen freezer.

    Proses ini akan terjadi terus menerus hingga kompartemen mencapai suhu yang telah diatur pada thermostat.

    Thermostat berfungsi untuk mengukur suhu pada kompartemen dan mengatur siklus kompresor, sehingga jika suhu pada kompartemen telah mencapai suhu yang diset pada thermostat, kompresor akan berhenti bekerja, dan akan bekerja kembali jika suhu kompresor kembali naik.

    Demikianlah tulisan tentang pengenalan dan cara kerja sistem AC,mesin cuci,kulkas dan freezer dari Andika Teknik yang berprofesi sebagai jasa service/tukang AC area Pondok Gede.

    Dan berikut ini adalah daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kota/Kabupaten Bekasi

    Jatimakmur adalah kelurahan yang berada di kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Berikut ini adalah daftar kecamatan dan kelurahan/desa di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.Kota Bekasi memiliki 12 kecamatan dan 56 kelurahan.
    Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 2.409.083 jiwa dengan luas wilayah 206,61 km² dan sebaran penduduk 4.035 jiwa/km².

    Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Bekasi, adalah sebagai berikut:

    Bantar Gebang: Bantargebang/Ciketing Udik/Cikiwul/Sumur Batu

    Bekasi Barat : Bintara/Bintara Jaya/Jakasampurna/Kota Baru/Kranji

    Bekasi Selatan: Jakamulya/Jakasetia/Kayuringin Jaya/Marga Jaya/Pekayon Jaya

    Bekasi Timur: Aren Jaya/Bekasi Jaya/Duren Jaya/Margahayu

    Bekasi Utara: Harapan Baru/Harapan Jaya/Kaliabang Tengah/Marga Mulya/Perwira/Teluk Pucung

    Jatiasih: Jatiasih/Jatikramat/Jatiluhur/Jatimekar/Jatirasa/Jatisari

    Jatisampurna: Jatikarya/Jatiraden/Jatirangga/Jatiranggon/Jatisampurna

    Medan Satria: Harapan Mulya/Kali Baru/Medan Satria/Pejuang

    Mustika Jaya: Cimuning/Mustikajaya/Mustikasari/Pedurenan

    Pondok Gede: Jatibening/Jatibening Baru/Jaticempaka/Jatimakmur/Jatiwaringin

    Pondok Melati: Jatimelati/Jatimurni/Jatirahayu/Jatiwarna

    Rawalumbu: Bojong Menteng/Bojong Rawalumbu/Pengasinan/Sepanjang Jaya

    Jika ada kerusakan,perbaikan/servis maupun bongkar pasang AC baru atau lama,mesin cuci rusak,servis lemari es(kulkas),freezer,kompor gas,dll.

    Silahkan untuk menghubungi teknisi kami segera di: www.andikaserviceac.com

    Jalan Antara RT.005/019 no.49
    Jatimakmur,Pondok Gede 17411
    Bekasi,Jawa Barat